Thu. May 26th, 2022

Sengatan, luka bakar, dan kebakaran adalah beberapa akibat umum dari keamanan listrik yang buruk. Ketika trifecta ini terjadi dapat mengakibatkan kehancuran harta benda, cedera serius atau bahkan kematian. Berikut adalah beberapa panduan umum Keselamatan Kerja untuk bekerja dengan listrik di tempat kerja.

Beberapa mesin memiliki perangkat keamanan seperti interlock listrik. Mereka dirancang untuk mencegah start-up yang tidak disengaja dan sangat penting untuk keselamatan lingkungan kerja. Mengganti perangkat ini dapat menyebabkan cedera serius

Pastikan ruang kerja Anda memiliki pencahayaan yang tepat. Jika Anda tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan saat bekerja dengan perangkat Training K3 listrik sensitif, maka kemungkinan cedera Anda meningkat secara eksponensial. Pastikan Anda membawa senter saat melakukan perbaikan di area dengan cahaya redup.

Anda harus menghapus semua barang konduktif sebelum bekerja dengan listrik. Ini berarti semua logam seperti perhiasan, jam tangan dan gantungan kunci. Mereka dapat bersentuhan dengan peralatan atau kabel dan menghantarkan listrik ke Anda.

Selalu berikan perawatan rutin pada peralatan Anda. Hal ini dapat berjalan bersama dalam mencegah kecelakaan. Jauhkan mesin dari kotoran dan minyak berlebih untuk mencegah kebakaran. Saat membersihkan mesin, pastikan bahwa cairan, wol baja, dan bahan konduktif lainnya dijauhkan dari bagian yang berenergi.

Alat pelindung diri seperti topi keras atau sarung tangan berinsulasi dapat membantu melindungi Anda dan harus digunakan bila memungkinkan.

Ruang terbatas bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya untuk bekerja dan membutuhkan banyak kewaspadaan. Tempat-tempat yang jauh lebih kecil ini akan membuat Anda lebih dekat dengan bagian-bagian mesin yang diberi energi daripada biasanya.

Jangan pernah bekerja dengan saluran listrik tegangan tinggi sampai Anda memiliki pelatihan ekstensif dan kualifikasi untuk pekerjaan itu. Garis-garis ini sangat berbahaya. Pekerja yang tidak memenuhi syarat harus tetap berada minimal 10 kaki dari saluran 50.000 volt.

Jangan pernah menggunakan tangga logam saat Anda bekerja di dekat saluran listrik atau kabel energi lainnya. Selalu gunakan fiberglass atau tangga kayu dengan rel samping non-konduktif. Tangga logam bisa menghantarkan listrik tepat untuk Anda.

Ingatlah bahwa air menghantarkan listrik dan sangat berbahaya ketika bekerja di sekitar mesin yang diberi energi. Kejutan atau luka bakar listrik dapat terjadi.

Ada banyak pedoman penting saat bekerja dengan listrik. Pedoman yang telah kami uraikan dalam artikel ini hanyalah permulaan dan diperlukan pelatihan yang tepat tentang semua aspek kelistrikan. Pastikan Anda benar-benar terlatih dalam semua aspek keselamatan listrik sebelum mencoba menggunakan mesin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.