Thu. Sep 29th, 2022

AOC CQ27G2 adalah model terbaru dari monitor gaming melengkung AOC CQ27G1 1440p 144Hz yang populer, dengan perbedaan utama antara keduanya terletak pada desainnya.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel VA (Vertical Alignment) oleh Samsung, monitor AOC CQ27G2 memiliki rasio kontras statis tinggi 3.000:1, kecerahan puncak 250-nits, dukungan kedalaman warna 8-bit, dan sudut pandang lebar 178°.

Rasio kontras yang begitu tinggi menghasilkan warna hitam pekat dan putih cerah; itu adalah aset utama teknologi panel ini, dan itu membuat warna hitam panel lain (IPS dan TN) tampak keabu-abuan dibandingkan.

Kecerahan puncak 250-nits mungkin tampak rendah di atas kertas, tetapi monitor akan lebih dari cukup terang dalam kondisi tampilan normal. Bahkan, Anda ingin mengurangi kecerahan sedikit di luar kotak.

Warna sangat cerah berkat gamut warna lebar monitor yang mencakup 90% ruang warna DCI-P3 dan 120% sRGB.

Sekarang, karena sebagian besar konten menggunakan ruang warna sRGB, warna mungkin tampak terlalu jenuh bagi beberapa pengguna, sementara yang lain mungkin menyukai tampilan yang terlalu jenuh.

Terlepas dari itu, Anda dapat menggunakan mode sRGB dalam pengaturan suhu warna monitor untuk membatasi keluaran warna hingga ~100% sRGB untuk representasi warna yang lebih akurat.

Sayangnya, Anda tidak dapat menyesuaikan kecerahan dalam mode ini; mungkin terlalu terang untuk beberapa pengguna, terutama di ruangan gelap.

Selanjutnya, AOC CQ27G2 menampilkan resolusi 2560×1440 Quad HD, yang tampak hebat di layar berukuran 27″. Anda mendapatkan rasio ideal 108 piksel per inci, yang menghasilkan banyak ruang layar dan detail yang tajam!

Berkat resolusinya yang tinggi, akurasi warna yang bagus, dan rasio kontras yang sangat baik, monitor gaming ini juga bagus untuk menonton film, bekerja, membuat konten, dan segala sesuatu di antaranya!

Tentu saja, jika Anda seorang editor foto profesional, monitor panel IPS akan lebih cocok untuk Anda karena konsistensi warna yang lebih baik, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan viewsonic-xg2431 1080p 240hz 1ms ips freesync gaming monitor.

Pertunjukan

AOC menetapkan kecepatan waktu respons 1 ms untuk CQ27G2, tetapi ini mengacu pada ukuran MPRT (Waktu Respons Gambar Bergerak), bukan kecepatan transisi piksel GtG (abu-abu ke abu-abu) biasa, yang tidak ditentukan.

Seperti yang diharapkan dari tampilan panel VA, beberapa piksel tidak akan dapat berubah dari gelap menjadi piksel yang lebih terang seiring waktu dengan kecepatan refresh, sehingga menyebabkan noda hitam yang terlihat dalam game yang bergerak cepat.

Jumlah corengan, bagaimanapun, dapat diabaikan kecuali Anda seorang gamer kompetitif hardcore atau sangat sensitif terhadapnya. Dalam game yang lebih berorientasi grafis, Anda hampir tidak akan melihat noda apa pun, dan itu terutama terlihat dalam adegan gelap.

Anda dapat mengaktifkan MBR (Motion Blur Reduction) di menu OSD (On-Screen Display) monitor, yang menyalakan lampu latar untuk mengurangi gerakan yang kabur.

MBR tidak dapat digunakan bersamaan dengan FreeSync, dan ini mengurangi kecerahan maksimum monitor.

Untungnya, AOC memungkinkan Anda untuk secara manual menyesuaikan frekuensi nyala antara 1 hingga 20 dengan kelipatan 1.

Pada ’20’, gambar menjadi sangat redup, tetapi gerakannya menjadi lebih jelas sedangkan pada ‘1’, gambarnya hanya sedikit lebih gelap, tetapi gerakannya hampir tidak mulus. Jadi, yang terbaik adalah mengaturnya ke ’10’, dan menyempurnakannya sedikit sesuai keinginan Anda dari sana.

Untuk kinerja waktu respons piksel terbaik, pastikan untuk mengubah pengaturan Overdrive monitor ke ‘Kuat.’

Mode overdrive lainnya (Mati, Lemah, dan Sedang) lebih lambat, dan karena mode Kuat tidak menambahkan ghosting terbalik, ini jelas merupakan pilihan terbaik.

Pengaturan Boost overdrive sebenarnya hanya ‘Kuat’ + ‘MBR’ disetel ke ’20’.

Terakhir, input lag AOC CQ27G2 tidak terlihat pada penundaan hanya ~5 ms antara tindakan Anda dan hasil di layar, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Fitur

Sebagai alternatif untuk MBR, Anda dapat menggunakan FreeSync untuk kecepatan refresh variabel, yang menghilangkan semua layar robek dan tersendat dalam rentang dinamis 48-144Hz monitor.

FreeSync juga bekerja di bawah 48Hz/FPS dengan memicu teknologi LFC (Low Framerate Compensation), yang mengubah kecepatan refresh monitor ke kelipatan FPS (47Hz -> 94FPS) untuk kinerja yang lebih mulus.

Perhatikan bahwa monitor tidak disertifikasi sebagai kompatibel dengan G-SYNC oleh NVIDIA. Ini sering keliru karena model bersertifikat yang bernama sama, AOC 27G2. Namun, itu adalah monitor gaming IPS 1080p 144Hz.

Menggunakan FreeSync dengan kartu NVIDIA yang kompatibel akan memberikan hasil yang berbeda-beda tergantung pada unit khusus monitor Anda, GPU Anda, dan driver GPU Anda.

Sama seperti kebanyakan Gaming Monitors berdasarkan panel VA Samsung, kedipan kecerahan FreeSync dapat terjadi saat FPS Anda turun di bawah 48FPS dan memicu LFC, atau saat kecepatan bingkai Anda sangat berfluktuasi.

Selanjutnya, menu OSD layar AOC CQ27G2 cukup mudah dengan semua alat penyesuaian gambar standar, serta beberapa fitur tambahan yang berguna yang tersedia.

Navigasi melalui menu, bagaimanapun, tidak sebagus ada empat hotkey dan tombol power, tetapi tidak ada joystick.

Fitur utama termasuk Shadow Control (mengubah kelengkungan gamma untuk visibilitas objek yang lebih baik dalam bayangan), Game Color (preset saturasi warna), dan berbagai mode gambar pra-kalibrasi (FPS, RTS, Racing, dll).

Menekan tombol pintas dengan panah menghadap ke kanan akan menempatkan bidikan cheat di layar Anda.

Anda juga akan menemukan tiga profil gambar Gamer yang dapat disesuaikan sepenuhnya, tiga mode gamma, penghitung bingkai, dan ‘Efek HDR,’ yang mensimulasikan HDR (Jangkauan Dinamis Tinggi). Namun, monitor tidak dapat menerima sinyal HDR10.

Terakhir, monitor memiliki filter cahaya biru rendah bawaan, yang, bersama dengan lampu latar bebas kedip, memastikan pengalaman menonton yang nyaman dan nyaman di mata Anda bahkan setelah digunakan dalam waktu lama.

Desain & Konektivitas

Desain monitornya sangat bagus, mengingat harganya yang ramah anggaran. Dudukannya kokoh dan bahkan menawarkan penyesuaian ketinggian hingga 130mm serta kemiringan -5°/20° dan putar +/- 30°. Anda juga dapat memasang layar (VESA 100x100mm).

Berbeda dengan monitor generasi sebelumnya dengan panel VA melengkung 1800R, CQ27G2 memiliki kelengkungan 1500R yang lebih agresif untuk imersi tambahan.

Namun, karena ini hanya layar berukuran 27″, lengkungannya tidak terlalu terlihat, tetapi ini adalah sentuhan yang bagus.

Monitor memiliki lapisan layar anti-silau matte, yang menghilangkan pantulan, tetapi tidak membuat gambar tampak berbintik; sasisnya tanpa batas 3 sisi, dan ada lubang manajemen kabel.

Pilihan konektivitas termasuk dua port HDMI 2.0, DisplayPort 1.2 dan jack headphone. Semua konektor layar mendukung 2560×1440 hingga 144Hz serta AMD FreeSync.

Ada juga model AOC CQ27G2U  (melengkung) dan AOC Q27G2U (layar datar) dengan spesifikasi yang sama – ditambah speaker 2W terintegrasi dan hub quad-USB 3.0. Sayangnya, model ini tidak tersedia di AS pada saat penulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.